Senin, 28 Januari 2013

Guru ideal


Oleh : Babeh Mardiadi. *)

Pertama babeh mengucapkan selamat buat anak-anakku yang baru saja melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) dan Ujian Nasional n’ tentunya sudah terima hasilnya. Babeh yakin hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan, karena apapun hasilnya pasti itulah yang terbaik bagi anak-anakku.

Anakku…. Kalau kalian mau nerusin sekolah ke jenjang diatasnya, Babeh hanya pesan pilihlah sekolah yang baik dan sesuai dengan pilihan dan bakat kalian. Jangan milih sekolah karna teman atau bahkan “paksaan” dari orang tua. Sebab kalau gitu Babeh yakin hasilnya tidak akan maksimal.
Salah satu sekolah yang baik bisa dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarananya, kondisi lingkungan dan profesionalisme gurunya.
Nahh ngomong-ngomong tentang guru ideal untuk itu Babeh punya Nasehat filosofi Jawa yang terkandung dalam sebuah syair tembang mocopat Dhandhanggula. Bisa nyanyiin nggak,,??? Nichh syairnya…

Lamun siro anggeguru kaki
Amiliha manungso kang nyoto
Ingkang becik martabate
Sarto kang wruh ing hukum
Kang ngibadah tur kang wira’i
Syukur olih wong topo
Ingkang wus amuhung
Tan melik paweweh ing lyan
Iku becik siro guronono kaki
Sartane kawruhono

Anak-anakku, ….. tahu nggak apa maksudnya ??? Babeh kasih tahu yacch…

Kalau kalian mau sekolah/menuntut ilmu/berguru disamping kepada orang yang memiliki pendidikan cukup/standar, juga yang memiliki sikap/perilaku :
1. Orang yang bermartabat/memiliki perilaku yang baik, artinya: orangnya lemah lembut, penyabar, tidak pilih kasih, mempunyai dedikasi tinggi, tidak otoriter dan patut menjadi suri tauladan tidak hanya di sekolah tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mengerti hukum (aturan), baik hukum/aturan negara terlebih lagi aturan agama.
3. Taat beribadah sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing
4. Wira’i, artinya orang yang tidak ambisi keduniaan dan jabatan.
5. Alangkah baiknya kalau mendapatkan orang yang rajin Riyadloh (selalu mendekatkan diri kepada Alloh SWT Tuhan YME)
6. Sepi ing pamrih, artinya orang yang didalam mendidik itu dengan sepenuh hati ikhlash lillahi ta’ala, dan menyadari bahwa mendidik itu merupakan tugas yang mulia dan merupakan kewajiban untuk mencerdaskan anak bangsa yang memang harus dilaksanakan.

Sekian pesan singkat Babeh mudah-mudahan bermanfat bagi kita semua.

*) Pendamping Kelompok anak dan pengisi Rubrik PeBe pada majalah anak d’star, Kelompok Anak Child alhabib Desa Logandu Karanggayam Kebumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar