Minggu, 01 Januari 2012

TIPS AGAR TERHINDAR DARI SIFAT TAKABUR ATAU SOMBONG



Rasa Takabur ataupun sombong merupakan salah satu sifat dasar manusia yang dibawa dari lahir. Temen-temen pasti sebel kalo lihat orang yang sombong, betul nggak?? Hebatnya rasa sombong ini bisa muncul tanpa kita sadari loh!!! Tapi kemunculannya bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri. Makanya  praktikkan tips neeh biar sombong nggak jadi muncul dari diri kita.
  1. Manakala melihat anak yang belum dewasa, maka katakanlah dalam hati: “Anak ini masih kecil belum pernah melakukan kemaksiatan kepada Alloh, sedangkan aku sudah pernah melakukan kemaksiatan, maka dia jelas lebih baik daripada diriku”.
  2. Jika melihat orang tua, maka katakanlah dalam hati: ”Orang ini telah banyak beribadah kepada Alloh sebelum aku, maka dia jelas lebih baik daripada aku”.
  3. Bila melihat orang ‘alim, maka katakanlah dalam hati: “Orang telah dianugerahi ilmu yang tidak aku miliki, dia telah menyampaikan sesuatu yang tidak pernah aku sampaikan, dan dia mengetahui sesuatu yang tidak aku ketahui, maka bagaimana aku menyamai dia?! Aku bodoh dan dia pandai, jelas dia lebih mulia”.
  4. Jika melihat orang yang bodoh, maka katakanlah dalam hati: “ Orang ini telah melakukan kemaksiatan kepada Alloh dengan penuh kesadaran. Maka tanggungjawabku kepada Alloh jelas lebih berat daripada dia di akhir hayat nanti”.
  5. Manakala melihat orang kafir, maka katakanlah dalam hati: “ Aku tidak tahu barang kali di akhir hidupnya nanti dia menjadi orang muslim, lalu melakukan amal kebajikan dengan penuh kepasrahan diri kepada Alloh sehingga seluruh dosa-dosanya dihapus oleh Alloh.
Nah sementara tips buat ngatasi sombong itu dulu. Jangan sampe dech sombong bersemayam dan muncul dari diri kita.. Ocey?? See you yach!
Sumber : “Dosa dan Pahala”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar