Senin, 02 Januari 2012

Sholat Dluha Jamah Hati


“Hendaklah tiap-tiap orang,setiap pagi hari bersedekah untuk persediaan tubuhnya”
(HR. Ahmad, Muslim,dan Abu dawud)

Kenapa harus sholat dhuha?
Judul  tadi adalah sebuah pertanyaan ,Nah,kalau ada sebuah pertanyaan pastilah butuh jawaban, kalau begitu apa jawabannya  donk?........
Kita harus berlatih melaksanakan Sholat dhuha karena di dalamnya terkandung  berbagai makna, nilai-nilai filosofis, tata aturan,dan daya gugah. Itu makna yang terkandung dari kata ”dhuha“ sendiri. Setelah tahu kandungan tersebut,tentunya kamu ngga bakal ogah-ogahan ngelaksanain sholat dhuha. Akan tetapi sebelum mengerjakannya alangkah baiknya kamu tahu dulu arti sholat dhuha.
Lantas apa sih arti dhuha itu? kira-kira arti dhuha itu adalah salah satu waktu ketika matahari sedang terbit alias pagi hari atau di saat matahari sedang naik. Nah sholat dhuha adalah sholat sunat yang di lakukan pada waktu ketika matahari sedang terbit sampai menjelang masuk waktu dhuhur. Sholat ini lebih bagus jika di lakukan ketika matahari sedang berada di posisi yang indah kira-kira dimulai jam tujuhan  lah. Mungkin agar kondisi hatimu secerah sinar mentari pagi. Pastinya kamu udah tahu donk selain sholat dhuha ada juga yang dinamakan sholat idul adha  waktu pelaksanaannya juga sama lo…,dengan sholat dhuha. yups, betul banget!! keduannya di lakukan pada pagi hari, yaitu saat matahari mulai menampakan dirinya.
Namun tetap ada bedanya , sholat idul adha di laksanakan setahun sekali. Sementara ,sholat dhuha kamu laksanakan setiap hari. Terus ,sholat idul adha juga di laksanakan secara berjama’ah, sedangkan sholat dhuha di laksanakan sendiri. Jadi,kamu ngga perlu pusing nyari temen untuk di ajak sholat jama’ah. Kapanpun, dimana pun, asalkan di tempat yang suci dan bersih, kamu bisa melaksanakannya . So.every day is dhuha,ok!!!
Kenapa kita di anjurkan  untuk  sholat dhuha? sebenarnya,manusia itu makhluk yang terbaik di antara makhluk lainnya. Manusia itu berbeda dengan makhluk lainnya oleh karena itu, tentu saja kebutuhannya pun berbeda walaupun ada juga yang sama. Seperti makan, minum dll. Dalam diri manusia ada kebutuhan yang sifatnya  lebih dalam, salah satunya adalah kebutuhan batin. Ketika kebutuhan batinmu udah terpenuhi, tentu saja akan menguatkan benteng pertahanan dalam diri. Kalau ada masalah yang harus di selesaikan  ngga bakal deh,,,batinmu di penuhi prasangka negatif. Coz aspek rasa kamu udah kuat untuk  melakukan pertahanan diri.
Nah, sholat dhuha adalah semacam menu makanan bagi perasaan dan batin kamu. Kalau udah biasa melakukannya , aspek rasa kamu nggak bakalan, deh kelaparan. Jadi mulai saat ini jamahlah hatimu dengan kebesaran nama Alloh ,kekonsistenan menjalankan ibadah, dan merefleksikan hidupmu  dengan kebeningan hati. Kalau kamu udah bisa dan biasa mengisi hidupmu dengan hal itu, emosi dan spiritualmu bakal meningkat, sehingga hari-harimu bisa secerah waktu ”dhuha”.                              

*) disarikan dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar