Minggu, 01 Januari 2012

MASYITHAH TUKANG SISIR YANG RAMAH



Fir’aun adalah seorang Raja di Mesir yang hidup dimasa Nabi Musa as. Ia sangat terkenal sebagai Raja yang kejam dan zholim. Rakyat yang membangkang pasti akan menerima ganjaran hukuman yang sangat berat. Sudah banyak manusia yang disiksa atau dipenjara, bahkan dihukum mati dengan tuduhan tidak menaati perintahnya. Lebih dari itu juga tidak tanggung-tanggung mengangkat dirinya sebagai Tuhan. Itulah latar belakang ia melarang rakyatnya menyembah Alloh SWT. Siapapun yang ketahuan mempunyai keimanan ( kepercayaan ) kepada Alloh dan menyembah menurut agama itu, akan disiksa dan diakhiri dengan pembunuhan.
Siti masyitoh adalah tukang sisir anak Fir’aun. Ia dan suaminya adalah orang-orang yang sangat kuat imannya kepada Alloh SWT. Setiap mengerjakan sesuatu senantiasa diawali dengan ucapan “Bismillahirrahmanirrahim”. Begitu pula ketika disuatu hari melakukan tugasnya sebagai tukang sisir, Siti Masyitoh tidak lupa mengucapkan kalimat tersebut.
Mendengar kalimat itu, anak Fir’aun terkejut dan menanyakan akan maksud Siti Masyitoh. Setelah dijelaskan makna kalimat tersebut, maka terjadilah dialog antara anak Fir’aun dengan Siti Masyitoh :
“ Adakah Tuhan selain Ayahanda, ya Siti Masyitoh ???” tanya anak Fir’aun
“ Tuhan saya, Tuhan kamu dan Tuhan baginda Raja adalah Alloh, Tiada Tuhan selain Alloh.” Jawab Siti Masyitoh dengan tegas.
“ Bolehkah hal ini saya adukan kepada ayahanda ???” tanya anak Fir’aun lagi.
“ Kenapa tidak ???” jawab Siti Masyitoh.
Kemudian hal itu diadukan kepada Fir’aun. Betapa murkanya Fir’aun mendengar laporan anaknya, kemudian dipanggilnya Siti Masyitoh untuk menghadapnya. Setelah mendengar pengakuannya, kemudian Fir’aun melarang untuk beragama dan mempercayai Tuhan Alloh, tapi Siti Masyitoh tidak mau.
“ Tidak ada Tuhan selain Alloh dan tidak mungkin ada manusia yang menjadi Tuhan.” Begitu kata hatinya dengan penuh keimanan.
“ Kalau kamu tidak mau meninggalkan agamamu, maka kamu akan ku bunuh.” Ancam Fir’aun
“ Saya rela dihukum mati Tuanku, asal keimanan saya tidak lepas dari dalam hati saya.” Jawab Siti Masyitoh.
“ Bukan kamu saja yang akan ku bunuh, melainkan suami dan anak-anakmu.” Kata Fir’aun
“ Saya terima hukuman itu Tuanku.” Jawab Siti Masyitoh
Akhirnya Fir’au memutuskan menghukum Siti Masyitoh bersama suami dan anak-anaknya dengan diceburkan dalam kuali raksasa yang berisikan minyak mendidih. Maka ditugaskanlah para algojo-algojo untuk mempersiapkan tungku dan kuali raksasa yang berisikan minyak.
Fir’aun memerintahkan Siti Masyitoh beserta suami dan anak-anaknya masuk kedalam kuali itu. Mula mula diceburkan diri suaminya, kemudian diikuti anaknya yang besar. Dalam waktu yang relatif singkat, kedua sosok tubuh itu hancur oleh jilatan minyak mendidih. Melihat suami dan anaknya yang besar sudah digoreng lebih dalu dalam kuali raksasa itu, Siti Masyitoh merasa gugup dan takut.
Tetapi anak yang masih ada dalam gendongannya itu berkata, “ Wahai Ibunda, janganlah takut, ayo masuk kuali itu, sesungguhnya kita dijalan kebenaran.”
Maka dengan penuh kemantapan, Siti Masyitoh menyebur dengan anak tersayangnya hingga matilah mereka semua demi mempertahankan iman.

Disarikan dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar