Rabu, 02 April 2014

Keutamaan Sholat Berjama'ah


Shalat jama'ah hukumnya adalah sunnah mu'akkad, bagi setiap muslim yang sudah baligh.
Ada beberapa keutamaan shalat jama'ah, yang dapat menjadi motivasi bagi kita untuk lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas sholat berjama’ah.

1. Pahala langkah kaki
Seseorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT.
(Ibnu Majah: 277, Muslim: 1068 dan 1065).

2. Pahala menunggu waktu shalat
Banyak diantara kita yang berangkat ke masjid ketika adzan sudah berkumandang bahkan ketika iqomat baru berangkat dengan tujuan supaya bisa cepet selesai. Dan sering kali kita bosan menunggu waktu iqamah dikumandangkan, dan tidak jarang nunggu iqamat dengan  bermain HP, atau bahkan ngrumpi dengan teman yang lain.
Perlu diperhatikan bahwa kita akan mendapat pahala yang besar kalau kita menunggu waktu sholat dengan ber-iktikaf dengan memperbanyak dzikir.
Orang yang menunggu sholat di masjid diberi pahala seperti sedang sholat (Hadits Bukhari: 611)

3. Di do'akan oleh para Malaikat
Seorang yang menunggu shalat, yakni mulai dari masuk masjid sampai dengan waktu shalat, maka dia akan didoakan oleh malaikat dengan doa : "Ya Allah Ampunila dia, Ya Allah ampunilah dia", tanpa henti sampai waktu shalat.
Kita mungkin pernah minta didoakan oleh orang yang menurut kita lebih beriman, lebih bertakwa, dan lebih tinggi derajat keimanannya dengan harapan do’anya akan diijabah oleh Alloh SWT.
Dengan menunggu sholat kita akan dido’akan oleh malaikat makhluk Allah yang dimuliakan yang tidak pernah ingkar/membangkang perintah Allah. Subhanallah!

4. Mendapat naungan dihari kiamat
Ada tujuh golongan orang yang mmendapat naungan Alloh di hari kiamat, salah satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang orang itulah yang akan mendapat perlindungan dari Allah saat kiamat kelak. (Al-Bukhor: 620)

5. Doa malaikat ketika di shaf terdepan
Selain di doakan malaikat ketika menunggu waktu shalat, orang yang ada di shaf terdepan juga didoakan oleh malaikat.
“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” HR. Ibnu Hibban no.2157).

6. Subuh dan 119 pahala
Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri. (Muslim:1049).

7. Isya dan 59 pahala
Seseorang yang melaksanakan shalat isya berjamaah, maka dia bakal dapat pahala 59 kali lipat. (Muslim:1038)

8. Dzuhur, Ashar, Magrib dan 27 pahala
Kalau shalat dzuhur jamaah, ashar jamaah, dan magrib jamaah, masing masing dilipatgandakan 27 kali kalau kita laksanakan secara jamaah. (Muslim: 1038)

9. Pahala ketika sakit
(Dengan menjaga shalat jama’ah) Ketika kita tidak bisa ke masjid dan shalat di rumah, kita akan dapat pahala yang sama seperti waktu shalat di masjid. (Abu Daud:2687)

10. Terhindar dari sifat munafiq
Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada sholat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka mendatangi (masjid tempat) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak. orang yang mampu melaksanakan (melanggengkan) shalat berjama’ah itu, niscaya akan terhindar dari sifat munafiq. (Al-Bukhori: 617)

* disarikan dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar