Senin, 16 September 2013

Panduan bagi Pendamping Anak

Komunitas Pemerhati Anak Karanggayam bersama Pendamping anak Padureso, Forum Pelangi dan Pendamping Anak Mirit, bertempat di Benteng Vanderwijck gombong menyelenggarakan diskusi serial membahas tentang Penyusunan Buku Panduan Pendamping Anak.Kegiatan yang difasilitasi oleh Plan Indonesia PU Kebumen.
Suranto (CTA-CR) Plan Kebumen dalam pengantarnya mengatakan, bahwa yang melatar belakangi Penyusunan Buku Panduan bagi Pendamping Anak, adalah adanya kebingungan bagi para pendamping ketika proses pendampingan dengan kelompok anak di masing-masing desa. Hal itu disebabkan masih terbatasnya pengetahuan, dan belum adanya panduan sebagai acuan bagi para pendamping ketika mendampingi anak. Disisi lain sebagai pendamping dituntut kreatif dan inovatif dalam mendampingi anak sehingga anak-anak termotivasi dan tidak jenuh. Mardiadi selaku koordinator penyusunan buku panduan menambahkan, Kaitannya dengan drafnya berharap tidak hanya modul yang umum tetapi lebih mengerucut ke tekhnis, baik tentang etika, sikap dan hal-hal yang berkaitan seorang pendamping sampai dengan media yang digunakan, termasuk pemahaman tentang fasilitator dengan pendamping kelompok anak.Pendamping Anak dan Kelompok Anak memang harus mempunyai keahlian khusus, hal itu disebabkan tingkat emosional dan kepribadian anak sangat variatif dan masih sangat labil. Penyabar, santun, pantang menyerah, mau membangun komunikasi setiap saat dan uswatun hasanah harus selalu dipegang teguh oleh para Pendamping anak.
Dengan adanya buku panduan pendamping anak nantinya bisa membantu bagi para pendamping kelompok anak atau stakeholders peduli anak dalam menfasilitasi kegiatan yang ramah anak dan tidak menjenuhkan,,, mudah-mudahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar