Senin, 16 September 2013

Desa Siaga

Dalam rangka meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan dan kepedulian terhadap sesama, Pemerintah Desa Logandu bekerjasama dengan Puskesmas Karanggayam II mengadakan sosialisasi dan pencanangan tentang Desa Siaga. Kegiatan yang dibuka oleh Sarlan Kepala Desa Logandu dan menghadirkan narasumber dari Puskesmas Karanggayam II itu diharapkan membuka wacana baru tentang arti pentingnya kesehatan. Gunawan, SKM Kepala Puskesmas Karanggayam II mengatakan, Pengertian desa siaga adalah suatu kondisi masyarakat tingkat desa/kelurahan yang memiliki kesiapan sumber daya potensial dan kemampuan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri.
Tujuan Umum Desa Siaga adalah :
Mengembangkan kepedulian dan kesiapsiagaan masyarakat desa dalam mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri untuk mewujudkan desa sehat.
Sedangkan Tujuan Khususnya adalah :
a) Optimalisasi peran PKD atau potensi sejenis dalam pemberdayaan masyarakat dan mendorong pembangunan kesehatan di desa serta rujukan pertama pelayanan kesehatan bermutu bagi masyarakat.
b) Terbentuknya FKD yang berperan aktif menggerakkan pembangunan kesehatan ditingkat desa
c) Berkembangnya kegiatan gotongroyong masyarakat untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawat daruratan kesehatan
d) Berkembangnya upaya kesehatan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan oleh masyarakat.
e) Berkembangnya pemanfatan dan pemantauan oleh masyarakat dalam deteksi dini, kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan terhadap masalah kesehatan, bencana, dan kegawat daruratan kesehatan.
f) Berkembangnya kemandirian masyarakat dalam pembiayaan kesehatan

Empat pilar dari Desa siaga adalah :
a) Gotong royong
b) Upaya kesehatan
c) Pengamatan dan pemantauan (surveilans)
d) Pembiayaan
Kegiatan sosialisasi dan pencanangan desa siaga diakhiri dengan pembentukan FKD (Forum Kesehatan Desa) dan penyusunan Program FKD.Dengan pencanangan Desa Siaga diharapkan masyarakat sehat 2012 bisa terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar