Sabtu, 31 Desember 2011

CERITA INSPIRATIF AYAH,,,,

KISAH KUDA HITAM,

Saat aku termenung sndiri, aku teringat masa kecilku dimana setiap mau tidur ayahku selalu bercerita yang waktu itu aku anggap hanya sebagai penghantar tidurku. Namun setelah aku besar ternyata banyak pelajaran berharga dari cerita ayahku, salah satunya cerita tentang "KUDA HITAM".
Masih terngiang jelas ditelingaku cerita ayah,,,
Anakku,,,,
Dahulu ada seekor kuda hitam ditengah padang pasir kelaparan dan kehausan. Dia berjalan tertatih-tatih mencari air. Tiba-tiba melihat ada bangunan rumah, dengan sekuat tenaga dia berjalan mendekati bangunan itu, namun yang ditemukan ternyata hanya bangunan rumah yang kelihatan sepi tanpa penghuni. Kuda hitam mencari kesana kemari memanggil tuan rumahnya. Tanpa disadarinya ternyata di belakang rumah ada jurang, ketika sedang mencari tuan rumah dia terperosok masuk jurang.
Kuda hitam itu berteriak minta tolong. “tolong,,,, toloooonnnggggg!!!!
Penghuni rumah yang ternyata seorang tua renta berlari mencari sumber suara dan hendak menolong. Melihat ada orang yang datang, kuda tadi merasa senang dengan anggapan akan segera ditolong. Namun orangtua itu justru kebingungan karena tidak bisa menolong sendirian.. Orangtua tadi mencari orang-orang untuk membantunya. Melihat keberadaan banyak orang kuda hitam merasa senang sekali dengan anggapan segera mandapat pertolongan.
Setelah banyak orang berkumpul ditepi jurang, dan hendak menolong kuda hitam, orangtua bertanya kepada kuda hitam, siapa tuanmu?
Kuda menjawab: tidak punya.
Orangtua tadi lalu menanyakan kepada orang-orang yang ada disekitar. “Kalau kuda hitam ini tertolong siapa yang mau menjadi majikannya”??
Tidak ada seorangpun yang mau menjawab dan mau menjadi tuan si kuda hitam.
Mereka berkomentar, “ Untuk apa menolong kuda yang sudah tua kurus dan tidak bisa dimanfaatkan apa-apa, ebih baik kita kubur hidup-hidup saja? Akhirnya Orang-orang tidak jadi menolong kuda hitam malahan sepakat untuk menimbun kuda hitam itu hidup-hidup.
Kuda hitam berfikir keras, bagaimana caranya bisa selamat dari timbunan orang-orang tadi. Timbullah ide si kuda hitam dengan menaiki setiap tanah yang ditimbunkan. Sampai akhirnya kuda hitam itu selamat.
Setelah selamat orang-orang pada bingung dan berfikir, “wahhh ternyata kuda ini meskipun kurus ternyata pinter juga”.
Akhirnya orang-orang malah berebut ingin menjadi tuannya. Tetapi si kuda hitam itu pergi begitu saja tanpa menghiraukan orang-orang disekitarnya yang sedang memperebutkan dirinya……

Di akhir cerita ayah bertanya, "apa pelajaran yang dapat kamu ambil dari cerita tadi anakku????
Aku menjawab, "gak tahu yaaahhhh",,
Dengan bahasa sederhana dan penuh kesabaran ayahku menjelaskan,,,
Anakku,,,cerita tadi memberikan pelajaran bagi kita,
1. Jadi manusia itu jangan melihat orang lain dari tampilan fisiknya, karena kita akan tertipu oleh penampilannya.
2. Jadi orang itu jangan mudah menyerah dengan keadaan, semangatlah! Raihlah masa depanmu!
3. Cara pandang seseorang itu berbeda-beda, terkadang NIAT YANG BAIK BELUM TENTU DITERIMA DENGAN BAIK.
Tanpa terasa airmataku menetes haru, dalam hatiku berbisik,,, Terima kasih ayah,, aku bangga memiliki ayah sepertimu,, aku berjanji akan menjadi anakmu yang baik. Doa restumu,, ku harap slalu, ,,,,,,,

2 komentar:

  1. singkat padat dan menyentuh perasaan,, benar2 sbuah cerita yg penuh inspiratif dan patut menjadi bahanrenungan kita berama,,,

    BalasHapus
  2. makasih bos, pengingat kita semua

    BalasHapus