Jumat, 23 Desember 2011

Ruwat bumi Desa Logandu



Ruwat Bumi merupakan tradisi tahunan bagi warga Desa Logandu yang dilaksanakan setiap bulan Muharram (Sura), tepatnya setiap hari Rabu Wage malam Kamis Kliwon. Selain itu tradisi ini merupakan wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas berkah yang dilimpahkan ke masyarakat desa Logandu.Tahun ini Tradisi tersebut dilaksanakan di halaman rumah Kepala Desa Logandu.
Pada tradisi ini, diawali dengan prosesi wayangan (wayang kulit), dilanjutkan dengan penanaman kepala dan kaki kambing “kendit” pada perbatasan desa, dan setelah ruwatan wayang masyarakat memperebutkan hasil bumi seperti kacang panjang, tomat, terong, cabai, benih padi, bibit2 tanaman dan lain-lain yang telah di mantra-mantrai oleh Ki dalang. . Banyak masyarakat yang meyakini dengan mendapatkan hasil bumi tersebut akan membawa berkah dan loh sarwo tinandur.
“Tradisi ruwat bumi merupakan warisan turun temurun yang telah diwariskan oleh nenek moyang sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai bentuk penghargaan kepada bumi yang telah memberikan berbagai limpahan rizki kepada warga masyarakat Desa Logandu. Masyarakat Desa Logandu saat ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, sehingga mereka sangat mengandalkan bumi sebagai bagian dari hidup mereka” demikian penuturan tokoh Desa Logandu…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar