Jumat, 28 September 2012

Plan PU Rembang berkunjung ke Desa Logandu

          Dengan semboyan "mBangun Desa mBangun Negara" upaya yang dilakukan Pemerintah Desa bersama lembaga dan warga desa tidaklah sia-sia. Seiring dengan bergulirnya gaung Universitas Sosial Desa Layak Anak secara perlahan namun pasti peningkatan kemajuan Desa Logandu semakin banyak yang melihatnya. Hal itu tentunta membawa keberkahan dan sekaligus tantangan tersendiri bagi Desa Logandu. 
             Setelah Plan Vietnam melakukan kunjungan ke Desa Logandu, tanggal 20 September 2012 berganti Plan PU Rembang berkunjung (Study visit) dengan melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang, Staff kecamatan dan Pemerintah Desa wilayah dampingannya. Maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut adalah ingin mengetahui secara langsung sekaligus belajar langsung implementasi dari Tata kelola Pemerintahan yang baik (good governance) yang telah dilaksanakan oleh Desa Logandu. Demikian seperti yang disampaikan oleh Staff Bapedda Kabupaten Rembang dalam mengawali dialognya dengan Pemerintah Desa Logandu. Disamping berdialog dengan Pemerintah Desa, dalam kunjungan kali ini juga melakukan diskusi dengan KPAD dan Kelompok Anak Child Alhabib terkait dengan pelaksanaan pembangunan berbasis hak anak dan bagaimana implementasi partisipasi anak dalam pembangunan di desa.
             Seperti kunjungan sebelumnya Kepala Desa Logandu (Sarlan) dan Ketua Tim Pokja (Mardiadi) menjelaskan mekanisme penyusunan perencanaan desa mulai dari RPJMDesa, RKPDesa, APBDesa dan pelaporan dalam bentuk dokumen LKPJ dan LPPD. Sedangkan Ketua KPAD (Mamun) dalam memaparkan penjelasannya lebih fokus pada upaya perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan sampai terwujudnya dokumen Peraturan Desa tentang Perlindungan anak. II Pujianti dari Kelompok anak memaparkan tentang bagaiman proses keterlibatan anak dalam perencanaan desa sampai pada beberapa kegiatan anak yang telah dilakukan dalam rangka ikut berpartisipasi pembangunan di desanya.
            Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama beberapa dokumentasi kunjungan Pemda Kabupaten Rembang, Staf Kecamatan dan Pemerintah Desa dampingan Plan PU Rembang berikut ini:
 Saat diskusi bersama team dari Rembang dengan Pemerintah desa di kantor desa Logandu

                       Sarlan Kepala Desa Logandu atasnama KPAD menerima tali asih dari Team Rembang

 
"Semangat mBangun Desa mBangun Negara, dan Membangun Anak membangun peradaban Bangsa"

    Ketua Tim Pokja Desa Logandu (Mardiadi) sedang memberikan penjelasan kepada tamu dari Rembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar