Jumat, 07 September 2012

Desa Logandu dan Plan Vietnam

          Perencanaan pembangunan yang partisipatif (melibatkan semua unsur dan komponen masyarakat) merupakan proses perencanaan yang ideal dan diharapkan akan mendapatkan input yang optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
          Fakta membuktikan bahwa ketika sebuah program dan kegiatan yang dilakukan dengan perencanaan partisipatif, pada pelaksanaannya juga lebih optimal dan keterlibatan masyarakat akan lebih baik. Akan sangat jauh berbeda kalau sebuah program maupun kegiatan yang hanya "tunjukkan" dan "paket" yang tidak diawali dengan melihat kebutuhan masyarakat secara riil akan dapat dipastikan hasilnya tidak optimal dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Padahal  seiring bergulirnya waktu dengan mengatasnamakan "kebijakan" atau "kepentingan masyarakat kecil" sering kali program dan kegiatan itu tidak melalui mekanisme yang benar. Yang terjadi adalah "menghambur-hamburkan" anggaran dan slogan "demi kepentingan masyarakat" hanya isapan jempol belaka.
          Pada hari Rabu, 01 Agustus 2012, Plan Vietnam yang berjumlah 3 orang berkunjung ke Desa Logandu dalam rangka belajar bagaimana tata cara menyusun perencanaan partisipatif.
Dalam kunjungannya yang didampingi PUM dan staff Plan Kebumen itu diterima dengan baik oleh Pemerintah Desa Logandu di Kantor Desa Logandu. Kepala Desa Logandu, Sarlan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan tamu dari Vietnam. Ini merupakan kehormatan tersendiri bagi kami warga Desa Logandu.
 Tim Pokja Desa Logandu, Mardiadi menyampaikan penjelasan terkait dengan profil desa, dan mekanisme perencanaan partisipatif. Logandu adalah desa yang luas dengan jumlah penduduk 4.664 jiwa, dan termasuk desa tertinggal, sehingga perlu penanganan yang serius dari semua lapisan masyarakat. Dengan adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa, Lembaga dan masyarakat, maka kemajuan dan peningkatan pembangunan akan segera terwujud, demikian diantara penjelasannya didepan tamu dari Vietnam.
Sedangkan Mr. Tzu mewakili rekannya menyampaikan rasa kagumnya terhadap kebersamaan warga desa Logandu, dia menyampaikan bahwa kunjungan ini sebagai langkah awal. Pada bulan berikutnya akan kembali berkunjung bersama dengan Pejabat dan anggota parlemen Vietnam.
          Kunjungan Plan Vietnam bukan tim pertama yang berkunjungan ke Desa Logandu. Sejak dipromosikan sebagai Universitas Sosial Desa Layak Anak, Desa Logandu sering mendapatkan kunjungan dari berbagai daerah dan instansi.
          Semoga ini membawa keberkahan tersendiri bagi warga Desa Logandu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar